Kamis, 27 Desember 2018

Pengenalan Jaringan Komputer










A. Apa itu Jaringan Komputer 

Jaringan yang dapat memungkinkan antar komputer untuk saling terhubung dan dapat bertukar data yang terhubung pada jaringan  dan didalam . Setiap komputer yang terhubung jaringan disebut node  Didalam Jaringan Komputer dapat memiliki  ribuan bahkan jutaan node.




B. Elemen Penyusun Jaringan Komputer

Didalam jaringan komputer terdapat elemen penyusun yang terbagi dua sebagai berikut :


  1. Kompenen Hardware
  • Personal computer (PC)
  • Network interface card (NIC)
  • Kabel dan Topologi Jaringan

      2. Kompenen Software
  • Sistem operasi jaringan
  • Network Adapter Driver
  • Protokol Jaringan


C. Jenis - Jenis Media Transmisi

Didalam media transmisi  terdapat dua jenis sebagai berikut :



1. Media Transmisi Guide

Menyediakan jalur transmisi sinyal yang tebatas secara fisik menggunakan sistem kabel.
Diataranya ialah berupa : 



  • Twisted Pair Cable


Merupakan dua pasang kawat yang berpilin dan terdiri dua konduktor yang digabungkan untuk mengurangi atau meniadakan inferensi elektromagnetik dan memiliki dua jenis yaitu STP (shielded twisted pair)  dan UTP  ( unshielded twisted pair )


  • Kabel Koaksial

adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas. Selain itu, dapat dijalankan dengan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater 



  • Fiber Optic        

Kabel fiber optic merupakan media networking yang mampu digunanakan untuk transmisi modulasi. Terbuat dari kaca atau plastic yang mentranmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain. Fiber optic sangatlah tahan terhadap inferensi elektromagnetik dan dapat bekerja dalam kecepatan tinggi hingga puluhan juta bit digital per detik 


2.  Media Unguined: Wireless

Media yang mentransmisikan gelombang elektomagnetik tanpa menggunakan konduktor fisik seperti kabel/serat optic. Media ini memerlukan antena untuk transmisi dan penerimaan (transmiter dan receiver) berikut contohnya :
  • Satelit 
  • Frekuensi Radio
  • Inframerah


    D. Jenis - Jenis Jaringan Komputer

    • PAN (Personal area network)


    PAN (Personal area network) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk transmisi data antara perangkat pribadi seperti Hp , Printer , Tablet dan lain lain dan dapat digunakan di jaringan yang lebih besar .

    • LAN (Local Area Network)

    LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang dapat menghubungkan komputer dalam area terbatas sepeti rumah , Sekolah dan kantor bisa memasangkan lan kepada komputer dengan menyabungkan kabel LAN ke interkoneksi.

    • MAN (Metropolitan area network)


    MAN (Metropolitan area network ) adalah jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna  pada sebuah area geografis atau area yang lebih besar dari yang tercakup oleh LAN yang luas, tetapi lebih kecil dari area yang tercakup oleh WAN (wide area network).

    • WAN (Wide area network )


    WAN (Wide area network ) adalah jaringan komputer atau jaringan telekomunikasi yang menyebar pada jarak geografis yang sangat luas, seperti seluruh Negara atau seluruh Dunia. Jaringan komputer jenis WAN biasanya terdiri dari beberapa jenis jaringan yang lebih kecil, seperti LAN atau MAN.


    E. Topologi Jaringan Komputer

    Di Topologi jaringan komputer menjelaskan antara komputer dan hardware lainya membentuk jaringan komputer. Topologi dibagi menjadi empat  macam  sebagai berikut :


    • Topologi Ring

     topologi Ring pada setiap komputer dihubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi terhubung dengan komputer awal. sehingga topologi ini membentuk suatu lingkaran yang disebut Ring. 


    • Topologi Bus

    Topologi ini  tersusun seperti antrian dan menggunakan kabel coaxial dan setiap persimpangan kabel dihubungkan menggunakan konektor BNC dan juga ujung kabel diakhiri dengan terminator.
    • Topologi Star

    Topologi ini mebentuk seperti bintang, karena setiap perangkat komputer dihubungkan ke sebuah Switch/Hub yang terletak ditengah dan sebagai pusat pengontrol lalulintas data. Topologi ini menggunakan kabel Twisted Pair dengan jenis UTP.


    • Topologi Tree 

    Topologi jenis ini merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.


    F. Computer crime & Cybercrime
    • Computer Crime 
    sebuah tidakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan komputer sebagai alat utama. Tidakan ini bisa mengambil data atau memperoleh akses ilegal.
    • Cybercrime 
    sebuah tidakan yang dimana megunakan jaringan sebagai tidakan kriminal seperti phising,carding,hacking,dan terosrism dan lain-lain.

    G. Wireless LAN Security


    Jaringan Wireless Lan Security adalah jaringan dengan topologi terbuka sehingga memungkinkan user manapun untuk dapat mengakses jaringan tersebut.Karena sifat jaringan wireless yang terbuka, dapat memungkinkan jaringan tersebut terkena serangan hacker. Jadi Wireless juga perlu keamanan untuk pencegahan dari tindakan kejahatan. Ada beberapa keamanan pada Wireless :
      • WEP (Wired Equivalent Privacy)
        WEP merupakan standar keamanan dan enkripsi pertama yang digunakan pada wireless. WEP disebut juga dengan Shared Key Authentication. Enkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan oleh administrator ke client maupun access point. Kunci ini harus cocok antara kunci yang diinputkan pada access point dengan yang diinputkan pada client. Standarisasi untuk WEP adalah dari IEEE 802.11b.

      • WPA-PSK (Wifi Protected Access - Pre Shared Key)
        WPA-PSK ini merupakan pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda WPA-PSK jika tidak ada authentikasi server yang digunakan. Dengan demikian access point dapat dijalankan dengan mode WPA  tanpa menggunakan bantuan komputer lain sebagai server. Prinsip kerja yang digunakan WPA-PSK sangat mirip dengan pengamanan jaringan nirkabel dengan menggunakan metoda Shared-Key.

      • WPA2-PSK (Wifi Protected Access 2 - Pre Shared Key)
        WPA2-PSK merupakan teknologi pengamanan pada wireless. Pada WPA2-PSK ada dua jenis keamanan yang dipakai, yaitu Advanced Encryption Standard (AES) dan Temporal Key Integrity Protocol (TKIP).


    H. Cryptography


    Cryptography adalah cabang ilmu untuk menulis pesan rahsia dan digunakan untuk praktisi keamanan . secara umum Cryptography  berikut :


    • Symmetric



    Algoritma symmetric dalam melakukan enkripsi dan dekripsi menggunakan key yang sama. Enkripsi symmetric biasa digunakan untuk melakukan enkripsi terhadap file, media penyimpanan dan komunikasi antara dua host dalam jaringan. kelebihan Symmetric adalah prosesnya enkripsi dan dekripsi yang cepat.

    • Asymmetric 



    Algoritma Asymmetric menggunakan key yang berbeda dalam melakukan enkripsi dan dekripsi. Key yang digunakan untuk melakukan enkripsi pesan disebut public key dan untuk melakukan dekripsi pesan disebut private key. Tapi sayang nya Asymmetric lebih lambat dibandingkan Symmetric dikarenakan komputasi yang rumit , tetapi Asymmetric memiliki kelebihan yang dimana public key dapat diberikan kepada host lain tanpa khawatir data di dekripsi karena masih diperlukan private key 







    Refrensi :






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    JANGAN MEMAKAI KOTOR
    DILARANG MEMASUKAN LINK
    DAN KOMENTAR DENGAN BAIK OKE

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...